About

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

 Bapak-bapak, ibu-ibu, mas-mas, mbak-mbak, abang, dan adik sekalian, tulisan2 disini dimaksudkan untuk mengcounter opini dari blog http://pacaranislami.wordpress.com.

Kebenaran hanyalah milik Allah SWT, silahkan berpartisipasi positif bagi yang pro dan kontra. Silahkan mengirimkan tulisan, kritik, saran, koreksi, nasehat, kue, gaji..ups..(rekeningnya japri ye :D),  pokoknya apa aja.

Mari bekerja sama dalam semangat ukhuwah islamiyah bagi yang pro dan kontra, dan bersikap adillah, karena adil itu lebih dekat dengan taqwa.

wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

29 Comments (+add yours?)

  1. Trackback: Cerdiknya Seorang Penentang Islamisasi (1) « Pacaran Islami
  2. yossyrahadian
    Oct 29, 2007 @ 02:41:12

    mas ini mas nursandi yang dulu pernah di LA dan sekarang di Biznet yah, hehehe…

    ~yossy~

    Reply

  3. pacaranislamikenapa
    Oct 30, 2007 @ 13:29:52

    🙂 wah ketahuan deh..

    Yos, tolong kalo ada yang kurang berkenan, kita diingatkan yah..
    jazakallah

    Reply

  4. Arien el-Haque
    Nov 23, 2007 @ 14:34:32

    Assalamualaikum

    Om Nursandi, saya dukung blognya. Kapan-kapan–insyaAllah–Aeh kirim-kirim tulisan boleh yah.
    Salam kenal,

    Arien el-Haque (Kairo Musim Dingin)

    Wassalam

    Reply

  5. Arien el-Haque
    Nov 23, 2007 @ 15:17:46

    Nb (nambah): Om saran dikit, tolong tampilannya dirubah atau apalah biar enak dan asyik dibaca. Banyak tulisan yang membuat Aeh tertark untuk membacanya, cuma karena tampilannya dan pengaturan yang kurang rapi buat bacanya jadi males n’ pusing.

    Maju terus. Yang haq itu haq, yang batil itu batil. Tak ada hal yang tengah-tengah antara keduanya.

    Reply

  6. pacaranislamikenapa
    Nov 23, 2007 @ 19:21:13

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    salam kenal akh Arien..ditunggu artikelnya🙂 .

    InsyaAllah, tampilannya akan terus coba diperbaiki. Dan tetap menjadi pembaca yang kritis ya. Nasehatnya juga ditunggu. Jazakallah ya.

    wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

    Reply

  7. Agam
    Dec 01, 2007 @ 22:03:40

    Assalamu’alaikum.
    Blog yg sangat bagus (walaupun belum baca isinya) hehehe🙂
    Tapi ana sependapat untuk menentang Blog Pacaran Islami. Termasuk blognya MShodiq. Banyak sekali penafsirannya kurang baik dengan hanya berkiblat pada Yusuf Qardhawi saja tanpa melihat pandangan Imam2 Madzhab, dll. Seperti menghalalkan bersentuhan tangan, dll.
    Saran dikit : Alangkah baiknya jika diterangkan juga, Mengapa mengcounter pacaran Islami.

    Reply

  8. pacaranislamikenapa
    Dec 04, 2007 @ 16:10:36

    Wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    alhamdulillah mas Agam, tetapi blog ini tidak pantas disebut blog yang sangat bagus, saya tidak setuju hehehehe.

    Jazakallah sudah mampir, alasan utama kenapa blog ini ada, adalah dalam rangka saling mengingatkan sesama muslim saja, terutama untuk mengingatkan saya pribadi, kalaulah orang lain merasakan sedikit manfaat, mudah2an Allah meridhoi. Saya sendiri tidak kenal dengan Pak Shodiq, kecuali lewat tulisan2 beliau. Apa yang saya pahami dari tulisan2 beliau pun beragam adanya, ada yang benar, ada yang syubhat, dan ada yang salah yang keduanya perlu untuk diluruskan.

    Diantaranya seringnya beliau mengambil potongan pendapat semacam Ustadz Yusuf Qardhawi dan Ustadz Abu Syuqqah, kemudian membuat kesimpulan yang jauh dari apa yang dimaksudkan oleh tulisan2 kedua Ustadz itu, tentu tidak dapat dibiarkan hal ini terjadi begitu saja. Disamping itu banyak saya temukan, para pembaca blog2 “pacaran islami” itu adalah kebanyakan orang ammah..orang awam yang sebenarnya sedang mencari2 ‘kebenaran’ terhadap fenomena percintaan yang sedang mereka alami. Tetapi yang mereka dapatkan ternyata lebih banyak ‘pembenaran’ daripada kebenaran.

    Singkat kata, mudah2an hal ini dalam rangka saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Saya juga tidak hendak mengklaim bahwa pendapat saya pasti benar, hanya saja saat ini, inilah yang saya yakini sebagai kebenaran dan akan saya pertahankan. Dan saya pun sangat mengharapkan kritik dan nasehat dari ikhwah fillah, karena siapa saya?. Bagi siapa saja yang merasakan sedikit manfaat dari blog ini, dapat menggunakannya sambil tetap berusaha kritis dan mencari kebenaran yang paling pas dihati. Hidayah adalah milik Allah SWT, semoga Allah menunjuki kita kebenaran itu sebagai kebenaran, dan kesalahan itu sebagai kesalahan.🙂

    Kira2 itu mas Agam “mengapa” ada counter terhadap blog pacaran islami buah karya pak Shodiq. wallahu’alam

    wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

    Reply

  9. ahli
    Dec 18, 2007 @ 02:59:52

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Alhamdulillah, ada blog yang khusus meng-counter blog tersebut. Saya pun pertama kali memberikan opini di blog saya untuk mengomentari blog tersebut, langsung dibalas oleh pemiliknya dengan mengomentari kembali tulisan saya dengan nada yang kurang pantas ditunjukkan oleh sesama muslim yang menginginkan perbaikan ummat.

    Saya bersyukur dan berterima kasih anda berkunjung ke blog saya, jadi saya tahu bahwa bukan saya sendiri yang kontra terhadap konsep pacaran islami.

    Semoga bisa bersinergi ke depannya.
    Wassalamu’alaikum wr.wb

    Reply

  10. bibomedia.com
    Mar 08, 2008 @ 11:09:18

    🙂

    Reply

  11. neil
    Mar 14, 2008 @ 23:19:45

    sukses dunia akhirat mas…

    kemaren ana dan temen2 sempet2 diskusi juga waktu ngeliat ada web pacaran islami, kita langsung protes… tapi ya,.. karena sekelas mahasiswa kayak kami nie, cuman bisa diskusi lokal..

    pernah juga sih, aku comment di sana, tapi ana takut balik lagi…, coz emang di mana-mana godaan syahwat wanita itu emang ada. jadi kalo baca itu lagi, takut jadi pembenaran dah!

    yah, intinya ana dkk dukung penuh lah, biarpun gak pake kasih makanan ato duit buat nyumbang…he..he..he..kiddin mas..:D

    Reply

  12. pacaranislamikenapa
    Mar 18, 2008 @ 00:34:18

    aamiin ya Allah..sami2..🙂

    pokoke tetep kritis..sayang juga kalo udah tinggi pendidikannya tapi kurang kritis. ‘Produk barat’ yang udah usang diangkat-angkat, ‘produk asli’ dari islam malah dikaburkan.

    Btw, udah lama juga ga ngunjungi blog tetangga..hehehe, ga tahu ada perkembangan baru apa tidak. O ya..kalo ada artikel2 asik dari mana aja, tentang perenungan, tentang hidup, tentang relationship dll yang sesuai dengan kaidah2 Islam, boleh dikirim kesini (about) nanti dipindahin ke kolom artikel, itu juga bentuk dukungan penuh ikhwah fillah semua, selain makanan dan duit tadi..hehehe–>yang terakhir kidding jg.

    Okay, tetep semangat dan istiqomah. Semoga sukses dunia dan akhirat.

    wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

    Reply

  13. Denok
    Mar 24, 2008 @ 04:41:57

    Assalamualikum
    Mas Nursandi, saya ada beberapa pertanyaan seputar tulisan2 pak Muhammad Shodiq.
    1. beberapa hari yang lalu saya baru beli buku terbaru beliau judulnya : Istikharah Cinta (Cara serdas mendapatkan jodoh ideal), menurut mas, bagaimana isi buku itu?apakah ada yg bertentangan dengan alquran dan hadist, karena menurut saya ada beberapa pendapat beliau yang aneh, dan banyak mengutip pendapat dari orang2 barat (kafir)
    2. Apakah tulisan Pak Muhammad Shodiq di http://muhshodiq.wordpress.com/2008/03/01/karena-sudah-ditakdirkan-perlukah-mencari-jodoh/
    benar dan sesuai dengan alquran dan hadits?
    Terima ksih atas jawabannya, jika tdk keberatan bolehkan saya minta alamat email mas, krn saya ingin diskusi lbh jauh ttg masalah ini.
    Wss

    Reply

  14. pacaranislamikenapa
    Mar 27, 2008 @ 10:41:14

    Wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    Wah..pertanyaannya susah nian🙂. Anggap saja cuap2 berikut sebagai sharing, selebihnya mbak denok tanya lagi ke ahlinya ya. Atau baca buku2 penjelasan/syarah para ulama tentang beberapa hal yang esensi, terutama mengenai takdir, termasuk kaitannya dengan permasalahan jodoh.

    1. Saya belum pernah baca bukunya pak Shodiq yang berjudul Istikharah Cinta (buku beliau yg lain juga belum🙂..hiks.. ), jadi ga bisa kasih penilaian. Terkait masalah mengutip pendapat barat, selama ada kesesuaian dengan Al Quran dan Sunnah, saya pikir sah-sah saja. Cuma apa2 yang dari barat ini harus disikapi dengan kritis. Kadangkala..sebagian dari mereka ada yang berlindung dibalik jargon “ilmiah”, tetapi “ilmiah” yang mengikuti standar mereka. Iya kalau sesuai..kalau tidak sesuai dan terlanjur ditelan mentah2 para pembaca..kan jadinya menyesatkan. Tapi pada prinsipnya..kebenaran itu bisa datang darimana saja. Kebenaran bukan monopoli timur atau barat. Dan untuk mengetahui atau mendapatkan keyakinan akan kesesuaiannya dengan apa2 yang diturunkan Allah dan RasulNya, hanya bisa kita dapat dari penjelasan para ulama, tidak dari selain mereka. Pendek kata, serahkan pada ahlinya :)(btw..yg kampanye begitu kemaren ga jelas juga siapa ahlinya..hihihi).

    2. Saya juga tidak dalam kapasitas untuk menilai apakah tulisan tersebut “sesuai” dengan Al Quran dan Hadits, silahkan mbak Denok tanyakan kepada para ulama, misalkan ustadz syariah online atau eramuslim atau yang lainnya, terutama dalam usaha memahami takdir, atau dalam memantapkan usaha menjemput jodoh. Dalam pemahaman saya(CMIIW) takdir Allah itu final, dalam artian kita hidup hanya menjalani takdir. Takdir Allah khususnya pada manusia itu sendiri terbagi menjadi 2, yang tidak dapat kita pilih dan yang dapat kita “pilih”. Takdir yang tidak dapat kita pilih itu contohnya seperti siapa orangtua kita, apa jenis kelamin kita, tingkat ketampanan/kecantikan” wajah kita, apa suku kita, dinegara mana kita lahir, dsbnya singkat kata siapapun ortu kita, apapun jenis kelamin kita, ganteng/tidaknya kita..dll..wis nrimo wae🙂. Kemudian takdir Allah yang dapat kita pilih, terkait dengan firman Allah yang menyatakan Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, selama kaum itu tidak mengubahnya. Dalam bahasa Umar Bin Khattab RA “kalahkan takdir dengan takdir”. Kalahkan keadaan saat ini dengan usaha/ ikhtiar yang sungguh2. Dimana dapat dengan mudah kita temui, orang2 yang belajar dengan rajin berbeda keadaannya dengan orang2 yang jarang belajar. Atau ketika Allah melarang sesuatu, tentu sesuatu itu dalam pandangan Allah tidak baik untuk manusia, tetapi ketika manusia memilih untuk melaksanakan larangan itu maka berlaku baginya ketetapan yang buruk(takdir buruk) dari Allah. Jadi sebenarnya Allah sekali2 tidak pernah zhalim kepada hambaNya, tetapi hamba2Nyalah yang zhalim kepada diri mereka sendiri. Dikatakan “jangan mendekati zina..” tetapi hambaNya malah mendatangi zina2 itu, akhirnya terjadilah apa yang kita kenal dengan sakit hati karena pacar, ‘cinta ditolak dukun bertindak'(hii..jadi syirik), hamil diluar nikah, aborsi, pembunuhan pasangan selingkuh, dll. Padahal kan kalau menjemput jodoh itu dengan cara2 Allah, insyaAllah ga bakalan terjadi hal2 tersebut diatas.

    Tetapi Allah SWT Maha Berkehendak, mungkin ada kita temui kondisi dimana kita sudah berusaha dengan sungguh2, tetapi “musibah”(dalam pandangan kasat kita) yang terjadi. Ini juga bagian dari Taqdir Allah, jika itu yang terjadi bersabarlah, itulah saat2 dimana Allah sesungguhnya sedang menguji keistiqamahan(baca: cinta kita kepada Allah) kita. Jangan sampai kita menggugat ketetapan Allah itu, bahkan lebih jauh menggugat “KeTuhanan” Allah yang menyebabkan kita semakin jauh dan semakin jauh dari Allah. Karena kekasih sejati tentu tidak akan berburuk sangka kepada kekasihnya. Jagalah prasangka yang baik kepada Allah, insyaAllah..”musibah” itu akan Allah ganti dengan kenikmatan yang berlipat ganda..aamiin.

    Pada point jodoh itu harus diusahakan (bahasa pa Shodiq..dicari), kita sepakat. Tidak mungkin mengharapkan jodoh dari langit, jika kita masih dibumi. Tetapi tentu saja mengusahakannya pun haruslah dalam koridor yang dibenarkan oleh syariat, tidak dengan berpacaran apapun namanya, wallahu’alam wastaghfirullah. Semoga sedikit ada gambaran.

    wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

    Reply

  15. alkalinesky
    May 27, 2008 @ 14:34:47

    assalamualaikum.. alhamdulillah, akhirnya blog pacaran islami ada yang mengkounter. jujur, saya dulu prnah ‘trguncang’ kala nyasar di blog PI, penulisña piawai bgt gaya bahasanya, mndekati stylenya steven covey, tp malah mmbuatku pusing, kpala sakit berat.. ga kuat baca cuz menurutq pndangan sppi ttng hubungan ce-co pranikah full distorsi.. btw, mas pcran islami knapa prnah lihat blog muslim romantis?; rasaña jg prlu ‘ditindak’, salam kenal ya,

    Reply

  16. pacaranislamikenapa
    May 29, 2008 @ 01:26:28

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    alhamdulillah..

    Terima kasih dah berkunjung

    Iya..penulisnya memang adalah seorang penulis profesional. Jadi tentu saja kualitas tulisannya bagus, dan memiliki daya “tarik” yang kuat, karena memang masalah yang dibahas adalah salah satu masalah kebanyakan kita (emang kita masih muda..:d).. masalah cinta. Tetapi tulisan yang bagus belum tentu benar..untuk itu siapapun yang membaca sebuah tulisan yang bagus, harus kritis dan dapat memilah mana yang baik dan kita ambil, dan mana yang buruk dan mesti kita jauhi. Intinya terus ngaji dan banyak begaul ma orang sholeh, insyaAllah..filter kita kuat dan saling menguatkan..aamiin🙂.

    wassalamu’alaykum warahmatullah

    Reply

  17. keliq
    Aug 14, 2008 @ 14:33:56

    mau tanya nih…

    iya boleh..:)

    Mshodiq katanya kan ustadz muhammadiyah…

    kata beliau sih gitu..saya juga tidak tahu🙂. Kalo saya bukan ustadz (“emang siapa nanya..hihihi”).

    mau ikutan pengajiannya dimana, kalau ngisi jum’atan dimana anna mau ikutan jadi makmum sekaligus dengerin isi kotbahnya…

    iya..ana ngga tahu juga ya pengajiannya dimana..atau kalau ngisi jum’atan dimana, mungkin sekretarisnya(kalau ada) yang lebih tahu🙂.

    biasanya kalau ustadz muhammmadiyah kan ada jadwal ngisi jum’atan (khotib)

    kayanya gitu kali ya..🙂

    tolong jawab ya

    udah dijawab ya..🙂

    wassalamu’alaykum warahmatullah

    Reply

  18. inoors
    Dec 17, 2008 @ 10:42:27

    Oo..! ternyata yang buat blog ini seorang Ustadz, maaf kalo sebelumnya saya komentar menyebut Ustadzah. Soalnya belum lihat halaman ini.

    Btw. Saya akan selalu mendukung blog ini untuk mencounter blog pacaran islami. Jazakallah.

    Reply

    • pacaranislamikenapa
      Dec 17, 2008 @ 15:58:23

      @akh inoors
      amin..wa iyya kum.
      thanks for mampir :d..
      btw..saya bukan ustadz..🙂. Slam kenal ya

      Reply

  19. JR
    Jul 14, 2009 @ 15:16:42

    assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
    Baru tahu nih kalo ada blog buat counter PI. Terima kasih banget atas usahanya. Semoga Allah selalu memberikan perlindungan untukmu, aamiin

    admin: wa’alaykumussalam wr wb
    amin ya Allah.. wa iyyakum, amin. Jazakallah
    wassalamu’alaykum wr wb

    Reply

  20. harris
    Jul 21, 2009 @ 20:35:47

    om tolong saya beri pencerhan tentang kelurusan tauhid?

    admin : “Apakah ilmu tauhid itu? Ilmu tauhid adalah ilmu yang membahas pengokohan keyakinan-keyakinan agama Islam dengan dalil-dalil naqli maupun aqli yang pasti kebenarannya sehingga dapat menghilangkan semua keraguan, ilmu yang menyingkap kebatilan orang-orang kafir, kerancuan dan kedustaan mereka. Dengan ilmu tauhid ini, jiwa kita akan kokoh, dan hati pun akan tenang dengan iman. Dinamakan ilmu tauhid karena pembahasan terpenting di dalamnya adalah tentang tauhidullah (mengesakan Allah). “Selanjutnya…

    Reply

  21. yanu...
    Sep 06, 2010 @ 14:01:47

    sepakat bro..
    dulu pernah agak ‘debat’ di blognya pak shodiq, eh belakangan komen saya nggak di approve… alhamdulillah, ternyata ada blog khusus yang meng counter…

    semangat semangat..!!🙂
    http://y4nuk3ren.wordpress.com

    Reply

  22. arye callista okta putri
    Oct 15, 2010 @ 18:43:47

    assalamualaikum wr.wb
    pak… gimana ya caranya buat qt mengendalikan hati kita dikala kita dilanda cinta..

    admin:
    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    baca artikel yang ini ya🙂

    Reply

  23. andes
    May 01, 2011 @ 09:40:05

    kalo ngeliat anak muda sekarang yang pacaran trus boncengan,trus pelukan erat gitu,saya cuma bisa ngomong “kaya suami istri aja”

    Reply

  24. sinta
    May 17, 2011 @ 20:21:34

    assalamualaikum wr.wb
    minta cara gmana ea cara melupakan seseorang dimasa lalu ..
    coz aq sngat cinta bnget sama dia gmna cara melupakan diia??


    admin :
    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    “gmana ea cara melupakan seseorang dimasa lalu ..?” gampang..jangan diingat2🙂.
    “coz aq sngat cinta bnget sama dia gmna cara melupakan diia??” karena Allah SWT yang paling berhak diingat dan dicinta, maka perbanyaklah mengingat Allah SWT dan mendekatkan diri padaNya..dengan apa? dengan perbanyak mengaji/belajar agama, memperbaiki kualias ibadah, memperbanyak teman2 yang baik, memperbanyak kegiatan positif dlsbnya. Sangat disayangkan jika waktu banyak terbuang percuma, potensi diri tidak berkembang, hanya karena mengingat2 masa lalu.. terlebih jika hal itu hanya membuat diri kita lalai dari mengingat Allah SWT, Allahu’alam.

    wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

    Reply

  25. kasamago
    Aug 15, 2011 @ 07:18:40

    mantab artikelnya mas bro.. keren. slam kenal ..

    Reply

  26. adi
    Aug 21, 2011 @ 13:08:43

    assalamu’alaykum…
    mas,mb…
    bs minta pendapatnya tentang blog ini???
    http://www.masbied.com/2010/02/20/hukum-bersalaman-dengan-lawan-jenis/
    tlg pendapat anum kirim ke email ane yaaa

    Reply

  27. AnaVitree Lastbutnotleast ReZpector
    Aug 28, 2011 @ 11:51:17

    ASSALAMUALAIKUM,,,

    Reply

  28. AnaVitree Lastbutnotleast ReZpector
    Aug 28, 2011 @ 12:09:14

    MAAF SAYA MAU TANYA,,, ADA SESEORANG YG MNGAJAK SAYA UNT TUNANGAN ,,tujuannya untuk menghindari orang lain suka pada masing2 dari kita,, dan sebelumnya qt udah berniat untuk menikah tapi qt sama2 belum siap,, saya mau kuliah dulu dan dia sedang bekerja,,krn sama2 belum siap qt memutuskan tunangan,,, dan akan menikah setelah saya lulus kuliah,, mohon d tanggapi,,, trimakasih…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: