Beruntunglah Orang Yang mensucikan diri

Beruntunglah Orang Yang Membersihkan Diri
 Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri(dengan beriman) , dan dia ingat nama Rabbnya, lalu dia sholat. Tetapi kamu  memilih kehidupan duniawi, Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal. Sesungguhnya ini benar-benar terdapat dalam kitab-kitab yang terdahulu, (yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa (QS Al A’laa : 14-19) Tafsir Ibnu Katsir QS Al A’laa : 14-19 Juz 30 

Allah Ta’ala berfirman, Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri” Maksudnya, membersihkan diri dari akhlak tercela dan mengikuti apa yang diturunkan Allah kepada RasulNya SAW. dan dia ingat nama Rabbnya, lalu dia sholat” Yakni mengerjakan shalat pada waktunya dengan tujuan mencari keridhaan Allah dan dalam rangka mentaati perintahNya serta menjalankan syariatNya.

Saya katakan bahwa kami telah meriwayatkan dari Amirul Mukminin ‘Umar bin Abdil ‘Azis, dimana dia telah memerintahkan orang-orang untuk mengluarkan zakat fitrah dan membacakan ayat ini Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri(dengan beriman) , dan dia ingat nama Rabbnya, lalu dia sholat”

Kemudian Allah Ta’ala berfirman “Tetapi kamu  memilih kehidupan duniawi” artinya, kalian lebih mengutamakan kehidupan dunia daripada akhirat. “Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal” maksudnya, pahala Allah di alam akhirat itu lebih baik daripada dunia dan lebih kekal, karena dunia itu sangat hina dan fana sedangkan akhirat itu mulia lagi kekal abadi. Bagaimana mungkin seorang yang berakal akan mengutamakan suatu hal yang fana atas yang abadi serta hanya memperhatikan hal2 yang akan hilang dengan cepat dan tidak memperhatikan hal2 yang dialam kekal abadi.

Dan firman Allah Ta’ala “Sesungguhnya ini benar-benar terdapat dalam kitab-kitab yang terdahulu, (yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa” ibnu Jarir memilih bahwa yang dimaksud dengan firmanNya itu bahwa yang demikian itu merupakan isyarat kepada firmanNya, “Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri , dan dia ingat nama Rabbnya, lalu dia sholat. Tetapi kamu  memilih kehidupan duniawi, Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal” Kemudian Dia berfirman “Sesungguhnya ini..” yakni kandungan firman ini, “benar-benar terdapat dalam kitab-kitab yang terdahulu, (yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa” Dan apa yang menjadi pilihannya ini adalah hasan lagi kuat. Hal yang sama juga diriwayatkan dari Qatadah dan Ibnu Zaid semisalnya, wallahu’alam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: